Minggu, 04 Mei 2014

Strategi pemasaran produk baru.

Akhir - akhir ini konsumen dimanjakan pabrikan dengan digelontorkannya produk baru.

Banyak cara yang digunakan pabrikan dalam memasarkan produk yang baru saja diluncurkan.
Terkadang sebuah produk baru tidaklah 100% sempurna. Masih banyak problem disana sini padahal sudah dikejar target penjualan dan untuk mengimbangi gerakan kompetitor, terpaksalah sebuah produk diluncurkan dengan status "PASS" bukan "OK" quality.

Untuk memasarkan sebuah produk berstatus "PASS" pabrikan biasanya melakukan monitoring distribusi terhadap produk yang dijualnya. Istilah kasarnya pabrikan memonitor kelinci percobaan dipasar. Terkadang jika produk tersebut terlalu banyak problem maka ada strategi khusus dalam pemasarannya yaitu menggunakan kelinci percobaan "tertutup". Strategi ini memanfaatkan karyawan pabrikan untuk mencoba produk awal mereka dengan diberikan kemudahan dalam membeli produk tersebut biasanya karyawan diberikan fasilitas kredit tanpa bunga dengan harga dibawah harga pasaran.  Keuntungan apa yang didapat dengan strategi ini?

* Distribusi penjualan mudah diawasi karena data pembeli merupakan karyawan mereka sendiri.
* Jika ada problem atau keluhan produk bisa dengan cepat ditanggapi karena karyawan bisa clakm ke pabrikan melalui jalur khusus.
* Jika terjadi problem massal tidak akan terekspose sehingga brand image tetap terjaga.

Daaaan Masih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan pabrikan .

Bijaklah dalam membeli produk yang sesuai kebutuhan. !.

Hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar