Minggu, 30 Maret 2014

Kelemahan desain LED vario 110 fi

AHM makin menancapkan kukunya demi mencengkeram penguasaan segment matic.
Yang terbaru mereka melaunching type vario 110 Fi buat menggantikan versi karbu.

Dari segi bentuk dimensi gak banyak berubah. Namun dari segi mesin vario 110 FI menggunakan desain yang sama dengan Beat fi. Tapi yang ingin saya ulas disini bukan soal mesinnya masbro melainkan soal desain LAMPU LED vario 110fi.

Suatu inovasi yang berani dilakukan oleh AHM buat memberikan differensisasi ( walah jadi belibet , maksudnya pembeda )  dengan varian beat fi AHM menyematkan LAMPU LED sebagai lampu utama. Sungguh ini merupakan lompatan yang bagus buat kedepannya. Karena kebanyakan LED pada motor baru difungsikan sebagai lampu senja, lampu rem, sama lampu sign. Kalau buat lampu utama baru bisa ditemuin di varian klas premium.

Yuk bahas desain lampu led versi vario 110 FI. Desain insinyur AHM cukup saya acungin jempoln dah , mereka sudah memikirkan bagaimana membuat lampu LED agar tidak menyilaukan mata pengendara yang berlawanan arah. Desain yg dipakai menggunakan sinar refleksi jadi sinar led dipantulkan ke reflektor dulu baru dpancarkan kedepan. Hal ini untuk menyebarkan sinar led yg desain dasarnya sinar led itu cenderung fokus alias sudut pancarnya sempit.

Saya melihat sedikit kekurang-telitian desain dari LED vario 110 fi. Temperature sinar yang dipakai kok warna putih ( 6000K-an ) sinar dengan temperature segitu susah buat menembus kabut dan hujan. Sinar yang mumpuni untuk menembus kabut atau hujan sekitar 4000K-an tapi memang cahayanya cenderung kekuningan alias warmwhite jadi akan mengurangi kesan elegan. Mungkin akan lebih baik jika AHM mencangkokan led warm white ( 4000K-an ) pada lampu jarak jauhnya. Jadi saat lampu dekat nyala sinarnya tetap putih trus sat lampu jauh diaktifkan sinarnya putih+warm-white.

Semoga saja ada revisi desain lampu lednya. Biar makin canggih, hitech, elegan tapi tetap safety.
O iya pabrikan lain mau ngikutin gak ya???? Biar gak memakai eagle eye bohongan.

Piss.
Semoga berguna.

O iya gambar nyomot dari warung tmcblog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar