Minggu, 04 Mei 2014

Strategi pemasaran produk baru.

Akhir - akhir ini konsumen dimanjakan pabrikan dengan digelontorkannya produk baru.

Banyak cara yang digunakan pabrikan dalam memasarkan produk yang baru saja diluncurkan.
Terkadang sebuah produk baru tidaklah 100% sempurna. Masih banyak problem disana sini padahal sudah dikejar target penjualan dan untuk mengimbangi gerakan kompetitor, terpaksalah sebuah produk diluncurkan dengan status "PASS" bukan "OK" quality.

Untuk memasarkan sebuah produk berstatus "PASS" pabrikan biasanya melakukan monitoring distribusi terhadap produk yang dijualnya. Istilah kasarnya pabrikan memonitor kelinci percobaan dipasar. Terkadang jika produk tersebut terlalu banyak problem maka ada strategi khusus dalam pemasarannya yaitu menggunakan kelinci percobaan "tertutup". Strategi ini memanfaatkan karyawan pabrikan untuk mencoba produk awal mereka dengan diberikan kemudahan dalam membeli produk tersebut biasanya karyawan diberikan fasilitas kredit tanpa bunga dengan harga dibawah harga pasaran.  Keuntungan apa yang didapat dengan strategi ini?

* Distribusi penjualan mudah diawasi karena data pembeli merupakan karyawan mereka sendiri.
* Jika ada problem atau keluhan produk bisa dengan cepat ditanggapi karena karyawan bisa clakm ke pabrikan melalui jalur khusus.
* Jika terjadi problem massal tidak akan terekspose sehingga brand image tetap terjaga.

Daaaan Masih banyak lagi strategi pemasaran yang bisa dilakukan pabrikan .

Bijaklah dalam membeli produk yang sesuai kebutuhan. !.

Hehehe.

Senin, 28 April 2014

Bocoran tangki CBR150 lokal

Waaaaaa gamblang sudah tangki bocor.. upsss kepleset.. dapat bocoran gambar tutup tangki si CBR150 lokal nich..

Tutup tangki bensin Sudah terlihat rata dengan permukaan tangkinya. Wah gak bisa dijadiin candaan stupa candi lagi nich wakkkakkka.

Good improvement for AHM .

CBR150 versi Indonesia siap mengaspal semester II tahun ini ?

Menghadapi kompetitor yang semakin allout disegment sport AHM sepertinya juga semakin berusaha keras untuk merebut tahta segment bergengsi ini.

Setelah melihat yamaha mengeluarkan R15 yang secara basic merupakan upgrade dari NVL dengan jurus serupa pula AHM segera mengeluarkan CBR150 yang secara basic juga merupakan upgrade dari CB150SF yg dikasih jubah  ... hehehehe.

Melihat bocoran desain CBR150 lokal dan hasil renderan yang beredar terlihat desainnya tidak bakalan jauh dari pakem honda yaitu Kalem & elegan jauh dari kesan sporty xixixixi piss bro!

Tapi kalau melongok engine yang digendong siteralis para speedfreak pasti ngiler dah dibuatnya. Potensi untuk dioprek lebih advance sangat mendukung.

Untuk lebih jelasnya kita tunggu tanggal mainnya.

Senin, 21 April 2014

Pasang LED sein pada motor dengan 1 indikator

Monggo dilihat dulu skemanya.
Bisa diaplikasikan pada motor yang memiliki 1 indikator lampu sein.
Antara lain ; smash, beat, mio, mio J, vixion dll.

Note :
FLASHER wajib diganti dengan flasher elektronik agar LED bisa berkedip.

Led sein menggunakan model LED jagung T10

Kamis, 03 April 2014

Jadwal motogp 2014

Ketimbang bingung dan gak tahu kapan jadwal tanyang motogp 2014 ,

Monggo langsung dicatat saja.

Tanggal : 24 Maret 2014
Tempat : Qatar*
Sirkuit   : Doha/Losail
Waktu   : 02:00 WIB

Tanggal : 14 April 2014
Tempat : Americas
Sirkuit   : Austin
Waktu   : 02:00 WIB

Tanggal : 28 April 2014
Tempat : Argentina
Sirkuit   : Termas de Rio Hondo
Waktu   : 00:00 WIB

Tanggal : 04 Mei 2014
Tempat : Spanyol
Sirkuit   : Jerez de la Frontera
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 18 Mei 2014
Tempat : Prancis
Sirkuit   : Le Mans
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 01 Juni 2014
Tempat : Italia
Sirkuit   : Mugello
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 15 Juni 2014
Tempat : Catalunya Barcelona
Sirkuit   : Catalunya
Waktu   : 19:00WIB

Tanggal : 28 Juni 2014
Tempat : Belanda 
Sirkuit   :  Assen
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 13 Juli 2014
Tempat : Jerman
Sirkuit   : Sachsenring
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 11 Agustus 2014
Tempat : Indianapolis
Sirkuit   : Indianapolis
Waktu   : 01:00 WIB

Tanggal : 17 Agustus 2014
Tempat : Republik Ceko
Sirkuit   : Brno
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 31 Agustus 2014
Tempat : Britania Raya
Sirkuit   : Silverstone
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 14 September 2014
Tempat : SanMarino
Sirkuit   : Marco Simoncelli Misano
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 28 September 2014
Tempat : Aragon
Sirkuit   : MotorLand
Waktu   : 19:00 WIB

Tanggal : 12 Oktober 2014
Tempat : Jepang
Sirkuit   : Motegi
Waktu   : 12:00 WIB

Tanggal : 19 Oktober 2014
Tempat : Australia
Sirkuit   : Phillip Island
Waktu   : 12:00 WIB

Tanggal : 26 Oktober 2014
Tempat : Malaysia
Sirkuit   : Sepang
Waktu   : 15:00 WIB

Tanggal : 09 Nopember 2014
Tempat : Valencia
Sirkuit   : Valencia
Waktu   : 20:00 WIB

Semoga berguna !

Selasa, 01 April 2014

Mengganti lampu sein dengan model LED

Mengganti lampu sein dengan model led memang sangat menghemat daya kelistrikan pada sepeda motor masbro sekalian.
Total beban lampu sein 1 sisi R/L   2x10 watt atau berkisar 20watt sedangkan setelah penggantian ke model LED beban kelistrikan untuk 1 sisi hamya berkisar 2x2 watt atau sekitar 4watt saja.

So gak ada ruginya buat masbro berganti model led.

Problem yang paling sering ditemukan saat penggantian LED SEIN adalah Led tidak berkedip tapi malah nyala terus.
Penyebabnya karena arus beban LED terlalu kecil sehingga tidak mampu memicu flasher bimetal untuk terputus .
Solusinya Ganti FLASHER asli bawaan motor menggunakan jenis flasher Elektronik.

Flasher elektronik ini akan bekerja ON-OFF terus selama ada arus yang mengalir meskipun hanya kecil arus yang lewat.

Jadi gak perlu ragu lagi untuk mengganti lampu sein dengan model LED.

semoga berguna !

Minggu, 30 Maret 2014

Kelemahan desain LED vario 110 fi

AHM makin menancapkan kukunya demi mencengkeram penguasaan segment matic.
Yang terbaru mereka melaunching type vario 110 Fi buat menggantikan versi karbu.

Dari segi bentuk dimensi gak banyak berubah. Namun dari segi mesin vario 110 FI menggunakan desain yang sama dengan Beat fi. Tapi yang ingin saya ulas disini bukan soal mesinnya masbro melainkan soal desain LAMPU LED vario 110fi.

Suatu inovasi yang berani dilakukan oleh AHM buat memberikan differensisasi ( walah jadi belibet , maksudnya pembeda )  dengan varian beat fi AHM menyematkan LAMPU LED sebagai lampu utama. Sungguh ini merupakan lompatan yang bagus buat kedepannya. Karena kebanyakan LED pada motor baru difungsikan sebagai lampu senja, lampu rem, sama lampu sign. Kalau buat lampu utama baru bisa ditemuin di varian klas premium.

Yuk bahas desain lampu led versi vario 110 FI. Desain insinyur AHM cukup saya acungin jempoln dah , mereka sudah memikirkan bagaimana membuat lampu LED agar tidak menyilaukan mata pengendara yang berlawanan arah. Desain yg dipakai menggunakan sinar refleksi jadi sinar led dipantulkan ke reflektor dulu baru dpancarkan kedepan. Hal ini untuk menyebarkan sinar led yg desain dasarnya sinar led itu cenderung fokus alias sudut pancarnya sempit.

Saya melihat sedikit kekurang-telitian desain dari LED vario 110 fi. Temperature sinar yang dipakai kok warna putih ( 6000K-an ) sinar dengan temperature segitu susah buat menembus kabut dan hujan. Sinar yang mumpuni untuk menembus kabut atau hujan sekitar 4000K-an tapi memang cahayanya cenderung kekuningan alias warmwhite jadi akan mengurangi kesan elegan. Mungkin akan lebih baik jika AHM mencangkokan led warm white ( 4000K-an ) pada lampu jarak jauhnya. Jadi saat lampu dekat nyala sinarnya tetap putih trus sat lampu jauh diaktifkan sinarnya putih+warm-white.

Semoga saja ada revisi desain lampu lednya. Biar makin canggih, hitech, elegan tapi tetap safety.
O iya pabrikan lain mau ngikutin gak ya???? Biar gak memakai eagle eye bohongan.

Piss.
Semoga berguna.

O iya gambar nyomot dari warung tmcblog.com

Sabtu, 11 Januari 2014

Tips mandi in motor kesayangan.

Libur telah tiba , libur telah tiba , horreyyy...
Saatnya nyuci sendiri motor kesayangan masing-masing nich.

Buat Bro n Sis yang jarang mandiin motor sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar tunggangan sampeyan bisa bersih dan kinclong.

* Sebelum mulai mencuci motor sebaiknya motor di berdirikan dengan standard tengah ( buat motor yang punya standard tengah tentunya) agar bro nsis lebih leluasa menjangkau bagian kolong mesin.
* Semprot / siram semua bagian motor sambil diusap pake tangan kosong dengan perlahan agar debu /kotoran yang menempel rontok.
* siapkan sabun colek / detergen serta kain lap tersendiri. Bersihkan bagian roda / velg , kolong mesin , rantai, rem cakram dan bagian bawah yang kotor dengannya. Segera bilas dengan semprotan air pada bagian- bagian tersebut.
* Setelah itu siapkan kain lap lain yang lembut beserta shampo motor. Cuci mulai dari atas ke bawah, bagian speedo, bagian body, dan kaki-kaki. Segera bilas dengan semprotan air agar tidak timbul bercak belang-belang.
* Siapkan lap lembut yang kering. Lap seluruh bagian body motor hingga kering.
* Setelah kering siapkan lap lembut dan kering beserta cairan pemoles/silikon cair. Semprot dan lamp seluruh body biar kinclong,
* Semir ban memakai semir ban hanya pada bagian pinggir ban saja.

Setelah selesai nyalakan motor dan panaskan mesin beberapa saat.

Note :
Proses cuci motor dilakukan pada bagian yang kotor gterlebih dahulu baru pada bagian yang lebih bersih. Gunakan lap terpisah untuk masing-masing proses.

Salam,

Rabu, 08 Januari 2014

BLUNDER promosi keiritan GT125

Lawan vario 125 injeksi telah lahir ! Produk yamaha yang baru saja dirilis tanggal 7 januari GT125.

Desain GT125 sekilas mirip dengan varian gt-gt yang lain, dibuat semacho mungkin tapi sayang masih memakai ban mungil seperti matic yamaha yang lain.
Yang agak mencolok desain daleman lampu depan pakai reflektor/proyektor warna biru dibuat seolah-olah menyerupai angle eye.

Yang menjadi kontroversi dan blunder yamaha adalah soal test konsumsi bahan bakar. Kenapa mereka malah meniru strategi kompetitor mengekspose keiritan konsumsi bbm untuk kasta GT kenapa tidak mengekspose performa mereka?

Tapi selain itu yamaha lebih blunder lagi dalam menyajikan data konsumsi bbm nya. Lihat saja data pada gambar slide, kompetitor terlihat lebih irit pada pemakaian dikecepatan yang lebih tinggi. Padahal pada web yamaha menuliskan hasilnya lebih irit.
Perlu dipertanyakan tuh cara pengujiannya ITB atau jangan jangan ada pihak yang berusaha memanipulasi datanya nich.

Gimana menurut masbro!!!

Salam,

Jumat, 03 Januari 2014

KAWASAKI bikin ninja 250 mono cyl.

Awal tahun 2014 semangat tahun baru belum pudar tapi berita produk baru motor sport pabrikan kawasaki sudah menebar ancaman.

Produk yang sangat menghebohkan, seakan akan kawasaki menanggapi keseriusan honda maupun yamaha disegmen sport khususnya dikelas 250cc.
Kawasaki siap merilis klan ninja 250 dengan model single silinder.

Blogger kondang menilai produk ini difungsikan untuk menggempur segmen kelas harga CBR 150 yang berkisar 40jutaan.
Tapi menurutku bisa saja harga Ninja mono ini akan dibandrol diangka 50juta kurang sedikit.
Dengan asumsi Ninja 250 stereo cyl dikatrol harganya. Jadi tetap saja nanti Head2head dengan CBR 250.

Kita tunggu saja bandrol pastinya nanti.

Tapi yang lebih saya tunggu kabarnya, BERANIKAH NINJA 250 MONO CYL. nyentul bareng CBR 250 dengan regulasi yang sama???

Monggo dibuktikan kehebatannya ....